Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi Modern

- PENGERTIAN INOVASI SISTEM INFORMASI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN
  •    INOVASI : Pemasukan atau pengenalan hal-hal baru dan penemuan terbaru yang berbeda dari yang sudah pernah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.
  •    SISTEM INFORMASI : Suatu sistem yang untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, menganalisa dan menyebarkan informasi menggunakan teknologi komputer.
  •    TEKNOLOGI INFORMASI : Suatu perancangan, implementasi, pengembangan manajemen sistem informasi berbasis komputer, seperti pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer(hardware).
  •    MODERN :  Sesuatu yang baru, terkini, muthakir, lebih baru dari sebelumnya.
   INOVASI SISTEM INFORMASI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN
   Dapat diartikan yaitu sebuah gagasan atau penemuan baru dalam hal teknologi yg di dalamnya terdapat sumber-sumber informasi dan berhubungan dengan komputer atau sistemnya yang akan dipakai untuk masa sekarang dan selanjutnya dengen pengembangan yang lebih baru dan maju.

- MANFAAT INOVASI SISTEM INFORMASI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN

  Banyak manfaat yang dapat kita terapkan misalnya di kehidupan sehari-hari ataupun perkerjaan yg berhubungan dengan bisnis. Segala macam hal dapat terbantu dengan berkembangnya teknologi dan inovasi-inovasi terbaru. Efisiensi pekerjaan pun akan melaju dengan cepat.            

- CONTOH INOVASI SISTEM INFORMASI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN

Sosial Media
Sosial Media setiap waktu selalu berkembang dan memiliki invoasi-invoasi baru. Seperti facebook, twitter, snapchat, instagram, dan lain-lain. Sekarang melalui sosial media kita bisa berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun dengan menggunakan tulisan, suara atau video.



Teknologi Robot
Perkembangan robot saat ini melaju sangat pesat. Beberapa diantara robot digunakan untuk membantu perusahaan membuat mobil. Bahkan ada robot yang dibuat serupa dengan manusia yang disebut Humanoid. Teknologi robot akan menjadi sanat berguna untuk kehidupan manusia sekarang dan di masa yang akan datang.

VR / Virtual Reality
Virtual Reality dalam bahasa indonesia disebut juga  Realita Maya yaitu sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang distimulasikan oleh komputer, sehingga membuat para pengguna seakan berada di lingkungan tersebut. 


Handphone / Smartphone
Di era yang modern ini, handphone maupun smartphone sudah sangat canggih. Kita bisa melakukan apa saja seperti menonton video, menonton siaran televisi secara live. Segala macam informasi bisa mudah kita dapatkan melalui gadget ini.


Ada juga beberapa contoh penerapan dari teknologi Informasi Modern yaitu:



       Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan

Misalnya penerapan Enterprise Resource Planning (ERP). ERP tersebut merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak yang memuat sistem manajemen dalam perusahaan.



       Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis teknologi informasi dan komunikasi bermanfaat untuk melakukan perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce sendiri adalah adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, website, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce didalamnya melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Dengan adanya E-Commerce, masyarakat dapat melakukan transaksi jual beli tanpa harus pergi jauh ke toko yang menjual barang yang diinginkannya.



       Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan

Dalam dunia perbankan, teknologi informasi dan komunikasi diterapkan melalui adanya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anthophobia

MANUSIA DAN KEINDAHAN

TEKNOLOGI DIGITAL DAN PENTINGNYA TEKNOLOGI DIGITAL DI BIDANG IT